Breaking News
Home / Teknologi / Apa Perbedaan Antara 4G dan 5G?

Apa Perbedaan Antara 4G dan 5G?

Apa Perbedaan Antara 4G dan 5G? Konektivitas seluler generasi keempat mulai membuat gelombang di akhir tahun 2000-an. 4G membuat kecepatan internet seluler hingga 500 kali lebih cepat dari 3G dan memungkinkan dukungan untuk TV HD pada seluler, panggilan video berkualitas tinggi, dan penelusuran seluler yang cepat. Pengembangan 4G adalah prestasi besar untuk teknologi mobile, terutama untuk evolusi smartphone dan tablet.

Apa-Perbedaan-Antara-4G-dan-5G

4G sekarang umum di seluruh dunia, tetapi segalanya akan berubah lagi. Internet of Things sekarang menjadi kemungkinan nyata dan 4G tidak akan dapat mengelola sejumlah besar koneksi yang akan ada di jaringan. Diharapkan bahwa akan ada lebih dari 20 miliar perangkat yang terhubung pada tahun 2020, yang semuanya akan membutuhkan koneksi dengan kapasitas besar. Di sinilah 5G mulai berlaku.

Teknologi ini telah mulai membuat hype baru-baru ini ketika kami melihat uji coba pertama dari kemampuan jaringan yang terjadi. Terlebih lagi, beberapa kemampuan Hp 5G didemonstrasikan selama Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang , menjadikan game ini paling menarik hingga saat ini untuk penggemar dan peserta.

Apa Perbedaan Antara 4G dan 5G?

Sederhananya, secara luas diyakini lebih pintar, lebih cepat dan lebih efisien daripada 4G. Ini menjanjikan kecepatan data seluler yang jauh melebihi jaringan broadband rumah tercepat yang saat ini tersedia bagi konsumen. Dengan kecepatan hingga 100 gigabit per detik, 5G diatur hingga 100 kali lebih cepat dari 4G.

Latensi rendah adalah pembeda utama antara 4G dan 5G. Latensi adalah waktu yang berlalu sejak saat informasi dikirim dari perangkat hingga dapat digunakan oleh penerima. Mengurangi latensi berarti Anda akan dapat menggunakan koneksi perangkat seluler Anda sebagai pengganti modem kabel dan Wi-Fi. Selain itu, Anda dapat mengunduh dan mengunggah file dengan cepat dan mudah, tanpa harus khawatir jaringan atau ponsel tiba-tiba macet. Anda juga dapat menonton video 4K hampir secara langsung tanpa harus mengalami waktu buffering.

5G akan dapat memperbaiki masalah bandwidth. Saat ini, ada begitu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan 3G dan 4G, sehingga mereka tidak memiliki infrastruktur untuk mengatasinya secara efektif. Jaringan 5G akan dapat menangani perangkat saat ini dan teknologi yang muncul seperti mobil tanpa pengemudi dan produk rumah yang terhubung.

Tetapi harus diingat bahwa semua skenario ini masih bersifat teoritis, dan akan membutuhkan banyak investasi oleh pemerintah dan operator jaringan seluler untuk membuatnya bekerja. Aspek keamanan juga masih perlu dipecahkan. Dengan jumlah pengguna yang lebih banyak dan layanan yang ditingkatkan, 5G membuka pintu ke tingkat ancaman baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *